Akui Ikut Tegang Lihat Laga Final Timnas Indonesia, Menpora Dito Ingin Prestasi Juara Garuda Muda Dipertahankan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengalungkan medali emas SEA Games 2023, berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Oenh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga)

wartaberita.co.id – Phnom Penh | Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengalungkan medali emas SEA Games 2023 Kamboja. Emas tersebut diraih setelah skuat Garuda membungkan Thailand 5-2.

Pertandingan final Indonesia kontra Thailand berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Oenh, Selasa (16/5/2023). Medali emas akhirnya bisa didapat pasukan Indra Sjafri setelah sebelumnya menanti selama 32 tahun.

“Alhamdulillah terharu, membanggakan. Sangat luar biasa perjuangan atlet kita. Mereka ini adalah hasil pembinaan yang dilakukan selama ini,” kata Menpora Dito.

Menpora Dito mengaku sempat tegang sepanjang laga. Sebab pertandingan berlangsung dengan panas, keras, dan dibanjiri kartu merah. Belum lagi terjadi keributan di bench kedua tim.

“Tadi juga sempat naik turun (tensi pertandingan). Kita sudah menang lalu bisa dikejar lagi. Tapi akhirnya kita bisa menang,” jelas Menpora Dito.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengalungkan medali emas SEA Games 2023, berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Oenh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga)

Menpora Dito ingin prestasi yang didapat ini bisa dipertahankan. Begitu juga saat menghadapi kejuaraan lainnya. Diharap momentum ini bisa dijaga dengan sebaik mungkin.

“Mental bertanding ini perlu dijaga. Saya harap liga bisa bergulir dan ini sangat penting untuk atlet. Selamat atas kemenangan ini, dan terima kasih atas dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia,” terang Menpora Dito.

Indonesia pada babak pertama mampu unggul 2-0. Dua gol tersebut dicetak oleh penyerang Ramadhan Sananta. Kembali dari kamar ganti, Thailand dapat mengejar dan berhasil menyamakan kedudukan 2-2.

Thailand memicu keributan usai mampu bikin gol. Mereka melakukan selebrasi di depan bench Indonesia. Beberapa pemain dan ofisial kedua tim bersitegang.

Skor 2-2 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time. Indonesia kembali berhasil memimpin 3-2. Irfan Jauhari membuat gol indah dengan mencungkil bola.

Keributan lagi-lagi terjadi pada masing-masing bench pemain. Wasit terpaksa mengeluarkan banyak kartu merah untuk kedua tim lantaran gaduh termasuk pemain dan ofisial tim.

Wasit kemudian melanjutkan pertandingan. Indonesia mampu memanfaatkan momen ini. Fajar Faturahman dan Beckham Putra bikin gol sehingga skor menjadi 5-2. Kemenangan ini membuat Indonesia mendapatkan emas setelah penantian panjang selama 32 tahun.

author

Author: 

Related Posts