Parade Atlet dan Atraksi Kun Bokator Meriahkan Upacara Penutupan SEA Games 2023 Kamboja

Upacara penutupan SEA Games 2023 Kamboja ini berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (17/5/2023). (dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga)

wartaberita.co.id – Phnom Penh | SEA Games 2023 Kamboja telah resmi berakhir. Upacara penutupan berlangsung meriah dengan parade atlet dari 11 negara peserta dan juga atraksi olahraga seni bela diri asal Kamboja, Kun Bokator.

Upacara penutupan SEA Games 2023 Kamboja ini berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (17/5/2023) malam. Acara tersebut dimulai dari pertunjukan musik dan tarian.

Pertunjukan semakin semarak ketika adanya pencahayaan warna-warni yang menghiasi stadion. Meski sempat hujan, closing ceremony ini tetap dipenuhi oleh penonton yang sejak sore sudah hadir.

Masyarakat yang hadir tampak semakin terhibur dengan adanya pertunjukan Kun Bokator, olahraga khas Kamboja. Mereka tampil dengan sangat memukau dengan gerakan-gerakannya.

Atraksi Kun Bokator ini dipadukan dengan musik dan koreografi. Suasana tampak riuh. Penonton bertepuk tangan sebagai simbol dari apresiasi pertunjukan itu.

Upacara penutupan SEA Games 2023 Kamboja ini berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (17/5/2023). (dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga)

Setelahnya, barulah parade atlet 11 negara peserta dilakukan. Seluruhnya berjalan dan mengibarkan bendera negara masing-masing. Mereka tampak terus melempar senyum ke arah penonton.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan bendera SEA Games kepada Thailand, yang mana negara tersebut pada tahun 2025 mendatang akan menjadi tuan rumah ajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini.

Kontingen Indonesia mengakhiri ajang SEA Games 2023 Kamboja duduk diperingkat ke tiga klasemen dengan perolehan 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Torehan tim Merah Putih ini melampaui target yang diusung Presiden Joko Widodo. Kepala Negara meminta tim Indonesia sedikitnya membawa pulang 69 medali emas yang saat itu diperoleh di SEA Games 2021 Vietnam.

Sementara itu, peringkat pertama SEA Games edisi ke-32 ini berhasil diraih Vietnam. Mereka mendapatkan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu. Sedangkan Thailand jadi runner-up setelah meraih 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

author

Author: 

Related Posts