FBT: RPJPD Jadi Langkah Strategis untuk Mencapai Tujuan Pembangunan

WartaBerita.co.id – Pakpak Bharat | Bupati PAKPAK Bharat, Franc Bernhard Tumanggor (FBT) menegaskan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan dan dijadikan sebagai titik awal langkah strategis untuk mencapai tujuan pembangunan. Penegasan itu disampaikan FBT melalui Wabup, Dr Mutsyuhito Solin saat musyawarah RPJPD kemarin yang digelar di Aula Bale Sada Arih, Sindeka, Salak.

Di dalam nomenklatur RPJPD, penjabaran visi dan misi arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang untuk 20 tahun kedepan harus disusun sesuai dan berpedoman dari RPJP Nasional dan rancangan tata ruang wilayah.

Karenanya, dokumen RPJPD harus mencakup tentang sumber daya yang tersedia dan potensi wilayah. Dokumen RPJPD juga dapat menjadi acuan sangat penting kepala daerah dan atau calon kepala daerah dalam menentukan arah kebijakan pembangunan beberapa tahun kedepan melalui rumusan visi dan misi.

Visi RPJPD Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2025-2045 “Pakpak Bharat Sejahtera, Maju, Berdaya Saing dan Berkelanjutan”.

Sementara dari pihak legislator setempat, Ronald Lubis berharap, RPJPD itu nantinya bisa membawa kemajuan bagi Kabupaten Pakpak Bharat dan membangunkan sinergi antara eksekutif dengan DPRD dan seluruh pemangku kepentingan di dalamnya.

Musrenbang dihadiri perwakilan Kepala Bappelitbangda Provsu, Dr Ihsan Azhari MSP (Kabid Infraswil), Deputi Dir BI Wilayah Sumatera, Wahyu Yuana Hidayat, perwakilan Dinas Penanaman Modal Provsu dan perwakilan negara tetangga. (Giahta Solin)

Tags:
author

Author: 

Related Posts