Kementerian PUPR Dukung Lumbung Pangan Nasional di Food Estate Humbahas

 
WartaBerita.co.id – HUMBAHAS |Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pengembangan lahan potensial food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumatera Utara (Sumut) sebagai lumbung pangan nasional.
 
Kasubdit Air Tanah dan Air Baku Wilayah 1 Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Costandji Nait mengatakan, program pengembangan Food Estate merupakan program Kementerian Pertanian yang memerlukan dukungan.
 
“Dukungan tersebut berupa  penyediaan air baku untuk pertanian Hortikultura dengan target awal seluas 1.000 hektar (ha),” katanya saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Komite II DPD RI meninjau pembangunan Food Estate di Kabupaten Humbahas, Senin (4/9/2023). 
 
Pembangunan infrastruktur food estate humbahas di bidang sumber daya air (SDA) ditangani oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II TA 2020-2023 dengan anggaran senilai Rp144,4 miliar.
 
Pimpinan Komite II DPD RI Abdullah Puteh mengatakan, untuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 18 tentang Pangan, dan menjadi solusi untuk ketahanan pangan di Indonesia.
 
Sementara Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah pusat untuk menggulirkan program food estate hasil kerja sama dengan berbagai pihak dengan memanfaatkan lahan tidur. (Paul)
Tags:
author

Author: 

Related Posts